Mengenal Atap Rumah Tradisional Dari Daun Rumbia

Atap rumbia
Atap rumbia adalah atap yang terbuat dari susunan daun pohon sagu yang di susun pada sebilah bambu dan di ikat dengan tali dari kulit batang bamban yang di raut tipis.

Atap rumbia menggunakan sebilah bambu yang berguna untuk tulang atap. Penggunaan bambu ini bertujuan untuk memberi atap sebuah tulang penopang dan sekaligus berguna sebagai media agar susunan daun rumbia dapat sejajar.

Agar susunan daun tidak mudah lepas atap rumbia di jahit menggunakan tali dari serutan kulit bamban yang di ikatkan kepada sebuah bingkauan.

Bingkauan merupakan kulit dari pelepah daun rumbia/daun sagu. Bingkauan berguna sebagai media untuk menjepit daun rumbia agar tidak goyang dan mudah lepas dari tulang bambu. Kulit pohon bamban di pilih karena memiliki tekstur yang lentur dan kuat hingga bertahun tahun.

Atap rumbia biasanya berukuran 1 m hingga 1,5 m. Tidak ada ukuran pasti untuk Panjangnya tergantung si pembuat atap. Namun biasanya semakin panjang, harga per bidangnya juga semakin mahal.

Ingin melihat cara membuatnya?
Lihat disini
Cara membuat atap daun rumbia

Pelepah daun yang sudah tua baik untuk di jadikan Bingkauan. Teksturnya yang kuat dan lentur sangat cocok untuk di jadikan penjepit daun rumbia. Selain di jadikan bingkauan, kulit pelepah rumbia juga di manfaatkan untuk mengikat daun rumbia yang sudah siap jual agar mudah di bawa.

Atap rumbia memiliki keistimewaan di banding atap jenis lainnya. Atap rumbia mampu menyerap panas sehingga suhu ruangan, mampu bertahan hingga sepuluh tahun,  memberi kesan alami pada bangunan dan harganya yang ekonomis.

Daun rumbia dapat menahan panas karena Struktur daunnya yang keras dan tebal serta membentuk cekungan. Cekungan ini akan membentuk lorong lorong ketika di susun menjadi atap.

Atap rumbia sangat membantu membangun image bangunan agar terlihat alami. Hal ini lah yang banyak di gunakan pengusaha rumah makan dan tempat wisata sebagai daya tarik untuk usaha mereka.

Usaha rumah makan yang berkonsep alami sangat cocok menggunakan atap bambu untuk bangunan dipan dipan ataupun pondok bambunya. Penggunaan atap rumbia pada pondok membuatnya terasa sejuk dan nampak alami.

Sampai disitu dulu..

Bantu blog ini berkembang dengan meluangkan waktu sebentar untuk komentar..

Popular posts from this blog

Berkunjung ke Tempat Rekreasi dan Pemancingan Mungkur Indah

Teknik dan Umpan mancing Iwak Papuyu paling ampuh